Sumpah Pemuda 2021

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, Tanah Air Indonesia.

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Tiga kalimat monumental, berejaan Van Ophuysen tersebut, merupakan keputusan Kongres Pemuda Indonesia Kedua yang diselenggarakan di Batavia (Jakarta), tanggal 27-28 Oktober 1928, yang selanjutnya diperingati Hari Sumpah Pemuda Indonesia.

 

Peristiwa Kongres Pemuda Indonesia tersebut, merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia dimana peran pemuda sangat penting dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, serta menegaskan “Satu Indonesia”.

 

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021 mengambil tema “BERSATU, BANGKIT DAN TUMBUH”. Secara umum tema ini diperuntukan kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia dalam menyikapi bersatu melawan Virus COVID-19 dan bangkit dari keresahan hingga mampu menumbuhkan kembali semangat merekonstruksi dan mereaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung didalam perjalanan Sumpah Pemuda.

 

Hal ini juga senada dengan cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia, dimana Pemuda Indonesia adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

 

Ada tiga hal yang harus dimiliki pemuda Indonesia dalam memenangi “pertarungan” dimasa depan sekaligus mewujudkan cita-cita bangsa. Pertama, diperlukan pemuda yang memiliki karakter yang tangguh, baik karakter moral maupun karakter kinerja. Kedua, memiliki kapasitas intelektual dan skil kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni. Dan ketiga, selalu memiliki inovasi-inovasi baru., “ujar Saman, S.E.,MM, sebagai Bapak Kepala Sekolah SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 2 JAKARTA, saat diwawancara oleh Tim Media SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 2 JAKARTA setelah selesai mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan secara virtual melalui platform zoom meeting dan livestreaming youtube diikuti oleh peserta didik, dewan guru dan tenaga kependidikan.

 

Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-93 “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”.

SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA KE-39