Juknis LKS SMK Tingkat Nasional Ke 27 Tahun 2019. Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus memiliki kompetensi sesuai kebutuhan pasar kerja baik untuk memenuhi kebutuhan daerah, tingkat Nasional maupun Internasional. Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan untuk memotivasi peningkatan kompetensi siswa berupa kegiatan lomba atau kompetisi tahunan yang dinamakan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah MenengahKejuruan (LKS-SMK). Kegiatan ini juga dalam upaya mempromosikan lulusan SMK kepada dunia usaha/dunia industri serta pemangku kepentingan lainnya.

Berdasarkan Pedoman – Juknis LKS SMK Tingkat Nasional XXVII Tahun 2019, Tema kegiatan LKS SMK Tingka tNasional XXVII dan pameran produk inovasi unggulan siswa SMK tahun 2019 serta kegiatan pendukung lainnya di Provinsi D. I Yogyakarta adalah “Kompeten Menyongsong IndustrI 4.0”. Sedangkan Logo LKS SMK Tingkat Nasional XXVII Tahun 2019 adalah sebagai berikut:

 LKS SMK Tingkat Nasional XXVII Tahun 2019

Berdasarkan Pedoman – Juknis LKS SMK Tingkat Nasional XXVII Tahun 2019, Tujuan diadakanya LKS SMK Tingkat Nasional XXVII Tahun 2019 serta pameran produk inovasi unggulan SMK adalah untuk:

1. Menyediakan wahana bagi siswa SMK untuk mengasah karakter positif, produktif, kreatif,dan inovatif;

2. Memotivasi siswa SMK untuk meningkatkan keahlian sesuai standar dunia industri;

3. Mendorong produktivitas siswa SMK untuk mampu bekerja secara optimal dan menghasilkan produk inovatif;

4. Mengetahui peta kualitas dan kemampuan SMK di seluruh Indonesia sesuai standar dunia usaha industri;

5. Mempromosikan performa kerja siswaSMK dan meningkatkan citra SMK;

6. Meningkatkan kerjasama yang lebih intensif antara lembaga pendidikan (SMK) dengan dunia usaha/dunia industri (DUDI), asosiasi profesidan berbagai pihak lainnya;

7. Menjalin persahabatan dan kerjasama secara nasional maupun internasional dalam membangun pendidikan menengah kejuruan;

8. Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa SMK untuk berkompetisi secara positif;

9. Menyediakan sarana pengembangan dan pengakuan keunggulan kerja bagi siswa SMK yang memiliki kompetensi sesuai dengan tuntutan dunia kerja;

10. Melibatkan publik dan ekosistem pendidikan dan kebudayaan untuk berpartisipasi aktif sehingga tercipta kebersamaan  serta proses akulturasi kebudayaan.

Selengkapnya silahkan download dan baca Pedoman – Juknis LKS SMK Tingkat Nasional XXVII Tahun 2019, melaui link download di bawah ini.

Link download  Pedoman – Juknis LKS SMK Tingkat Nasional XXVII Tahun 2019 — DISINI

Juknis LKS SMK Tingkat Nasional Ke 27 Tahun 2019