[contacts]
pin up bet Peranan orang tua siswa sebagai patner guru dalam mendidik anak-anak tidak bisa dipisahkan. Bahkan orang tualah yang hakikatnya memiliki peran utama sesungguhnya dalam pendidikan. Sedangkan guru hanya sebagai fasilitator, pembimbing, orang tua kedua di sekolah. Namun, justru hanya sebagian kecil saja yang memahami hal tersebut. Orang tua justru menyerahkan sepenuhnya segala macam pendidikan baik intelektual, spiritual dan juga keterampilan pada guru disekolah.

Peranan orang tua siswa sebagai patner guru dalam mendidik anak-anak tidak bisa dipisahkan. Bahkan orang tualah yang hakikatnya memiliki peran utama sesungguhnya dalam pendidikan. Sedangkan guru hanya sebagai fasilitator, pembimbing, orang tua kedua di sekolah. Namun, justru hanya sebagian kecil saja yang memahami hal tersebut. Orang tua justru menyerahkan sepenuhnya segala macam pendidikan baik intelektual, spiritual dan juga keterampilan pada guru disekolah.

Dengan demikian guru dan orang tua dapat bersinergi dan mengembangkan komunikasi horizontal bersifat kekeluargaan dalam mendidik anak-anak. Apa yang dilakukan siswa disekolah perlu diketahui orang tua. Dan begitu juga sebaiknya, lingkungan keluarga siswa perlu diketahui guru untuk mengidentifikasi berbagai persoalan yang bisa muncul dalam perjalanan pendidikan nantinya.

Hari ini, pada tanggal 6 Agustus 2022, SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program-program sekolah, Penerapan Kurikulum Merdeka, Tata Tertib Siswa, serta Sosialisasi Administrasi keuangan selama periode 2022-2023, di AULA Utama Gedung C, yang dihadiri oleh para orangtua Siswa kelas X (Fase E). Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan dapan terciptanya sinergi dan mengembangakan komunikasi horizontal yang bersifat kekeluargaan dalam mendidik anak (peserta didik),

Diawali oleh Kata Sambutan dari Ibu Kepala Sekolah, yang menyampaikan Selamat Datang kepada siswa-siswi baru di SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta, yang selanjutnya Ibu Kepala Sekolah memberikan “sinyal” kepada Orangtua yang menghadiri bahwa, pihak sekolah akan memberikan sebuah Beasiswa kepada siswa yang berprestasi dibidang akademik.

Materi pertama yang disampaikan kepada seluruh orangtua siswa yang menghadiri, adalah tentang Program Kurikulum Merdeka yang dipilih oleh SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta, yaitu menerapkan Kurikulum Mandiri Berubah.

Materi pertama ini disampaikan oleh Bapak Agus Gunawan, S.Pd selaku Waka.Sek.Bid.Kurikulum di SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta periode 2022-2023. Kurikulum merdeka bertujuan untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini. Diberi pembekalan untuk dapat lebih mengembangkan bakat dan mengikuti perkembangan jaman.”, ucap Bapak Agus Gunawan.

Materi kedua adalah sosialisasi tentang Tata Tertib Sekolah yang harus dipahami oleh seluruh peserta didik. Pada kesempatan ini, Bapak Dody Wachyudin, S.Pd menekankan kepada Orangtua siswa juga memiliki peran aktif dalam pengawasan anak-anaknya. Hal contoh sederhana yang disampaikan dalam melakukan pengawasan putra-putri-nya adalah mengingatkan bahwa memaksa anaknya untuk segera berangkat kesekolah agar tidak terlambat.

Materi ketiga adalah sosialisasi tentan pelaksanaan Prakek Kerja Lapangan atau yang biasa disebut dengan PKL. “Seperti yang disampaikan oleh Pak Dody tentang kedisplinan kehadiran, maka aturan kedisiplinan kehadiran pada perusahaan lebih ketat dan lebih terawasi, sehingga bila putra-putri Bapak/Ibu yang berangkat kesekolahnya masih didapati sering terlambat hadir, maka mohon maaf … akan sulit kami bantu salurkan untuk kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL)-nya, karena kami tidak ingin hubungan yang telah terjalin antara pihak sekolah dan perusahaan, menjadi saling curiga”., ucap Bapak Dwisus Nurachman selaku Waka.Sek.Bid. Hubungan Industri.

Materi terakhir dari kegiatan sosialisasi program sekolah yang dilaksanakan oleh SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta, adalah materi tentang Tata Tertib Administrasi Keuangan, yang disampaikan oleh Ibu Zurrahmah, S.Pd.

“Bapak…Ibu…, bagi yang mendapatkan program KJP, saya informasikan bahwa Pen-Debitan KJP akan dan selalu dilakukan setiap 6 bulan sekali, jadi…, dalam hal ini mohon tidak bergantung pada Pen-Debit’an KJP yang dilakukan setiap 6 bulan sekali tersebut. Jadi…, saya do’a-kan semoga rejeki Bapak./Ibu lancar…, sehingga dapat membayarkan SPP Bulanan tanpa harus menunggu Debit KJP”., Ujar Ibu Zurrahmah.

Sebelum ditutup, pihak SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta, memberikan kesempatan sesi Tanya Jawab kepada seluruh Orangtua Siswa, bila memang ada yang ingin ditanyakan. Yang selanjutnya acara ditutup oleh Doa dan dipimpin oleh Bapak H. Rojali, S.Ag.

Diharapkan, dengan terselenggaranya kegiatan ini, terciptanya kolaborasi dan kerjasama antara pihak SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta dengan Seluruh OrangTua siswa (khususnya kelas X ~ Fase E), dalam melakukan proses pembelajaran.

[list99]

Open chat
Terima Kasih, silahkan lanjut ke chat untuk info lebih lanjut terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) / Siswa-Siswi Baru SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta.
:)